Skip navigation

saat ini saya telah menggunakan postgreSQL 8.1.3, tapi yang ini berjalan di windows XP, padahal 3 komputer lainnya saya menggunakan SuSE 10, pencarian awal saya ada di situs lokal mirror.cbn.net.id, disana terdapat SuSE 10 dan PostgrSQL, tapi sangat di sayangkan di mirror tersebut tidak lengkap, berikut contoh dari url yang saya dapatkan:
ftp://ftp8.id.postgresql.org/pub/SuSe/

tidak ada folder projects, padahal di folder inilah di taruh distribusi postgreSQL untuk SuSE, sedang di mirror postgreSQL, tidak ada distribusi untuk SuSE 10, berikut contoh dari url yang saya dapatkan:
ftp://ftp8.id.postgresql.org/pub/PostgreSQL/binary/v8.1.2/linux/rpms

Untuk itu saya coba cari alternative laen di mirronya Novel untuk SuSE 10-nya, dan di dapat url ini. Saya download aja semua file di folder ini kecuali file dengan akhiran “64.rpm”

    http://ftp.iinet.net.au/pub/suse/Projects/postgresql/postgresql-8.1.2/10.0-i386/

    suse 10

      Download files postgreSQL for SuSE 10 ini saya taruh di desktop (“/home/me/desktop”), nah untuk proses installasinya cukup mudah, step – step yang harus dilakukan diantaranya:

      1. Di menu YAST -> Software saya tambahkan di menu “Installation Source” target ke “home/me/desktop”
      2. Di File Manager run atau dauble click file “postgresql-server-8.1.2-0.1.i586.rpm
      3. Di File Manager run atau dauble click file “postgresql-8.1.2-0.1.i586.rpm
      4. PostgreSQL telah terinstall, selanjutnya saya aktifkan services postgreSQL ini di YAST -> System -> “System Services”
      5. sebenarnya postgreSQL ini telah siap untuk di gunakan, akan tetapi user “postgres” di system user harus saya aktifkan dan dirubah paswordnya agar lebih aman.
One Comment

  1. Huaa.. sim sim terima kasim sim.. 😀 Saya lagi mau utak-atik postgresql di laptop yang ada suse 10.0, udah nyari2 termasuk di packman gak nemu juga postgresql. Makasih ya mas.. ntar saya coba install deh.. 🙂


Leave a Reply

