Skip navigation

sehari-hari kalau menggunakan linux suse 10, saya menggunakan user “me”, ini adalah ordinary user yang biasa untuk download, copy, testing, installing aplikasi. User lainnya adalah “app”, user ini adalah untuk programming dan testing applikasi yang dibuat dan jalan di linux atau aplikasi yang dibuat dan jalan di windows atau jalan di wine.

Nah biasanya kalau komputer di hidupkan, default login yang saya buat adalah user “me”. Aktivitas sehari-hari saya di internet menggunakan user ini, sering dari aktivitas sehari-hari saya di internet ini saya banyak melakukan download file, file-file tersebut biasanya saya taruh di desktop atau folder download di user “me”, setelah puas melakukan bulk download tersebut, untuk organisasi filnye saya menggunakan user “app” dan di simpan di folder download.

Proses pemindahan file-hasil download ini dari user “me” ke user “app” adalah dengan “logout” – pindah user “app” dan buka 2 File Mager (1 untuk user “app” dan 1nya lagi menggunakan “root”), proses mengcopy menggunakan user “app” agar user right di file tersebut adalah user “app” dan untuk proses penghapusan file yang ada di folder user “me” menggunakan File Manager user “root”.

Kepikiran kok di File Manager di menu “System” -> “File Manager” -> “File Manager – Super User Mode” bisa di jalankan dengan user lain, nah kepikir untuk melihat propertynya, end di sana ada option untuk menjalankan apliasi tersebut menggunakan user lain, langsung aja menu tersebut saya copy-can dan saya set property “run as different user” menjadi user “app”.

Proses pemindahan file-hasil download ini dari user “me” ke user “app” saya lakukan lagi, tapi kali ini saya tidak berpindah ke user “app” tetap ada di user “me”, lalu saya menjalankan “File Manager – App User”, dan proses peng-copy-an menggunakan File Manager user “app” sedang untuk proses penghapusan menggunakan File Manager – standard.

Sekarang meng-organisasikannya jadi lebih en-joy dah …

One Comment

  1. salam sejahtera.

    saya adalah newbie dalam linux, dan baru2 ini mencoba menginstal suse 10 dari bukunya PCMedia yang membahas Suse Linux10 beserta CD installnya.

    Suatu saat saat sedang end current session dari user root, saya iseng2(trial and error) mengubah sessiontypenya menjadi yang lain(saya lupa).Hasilnya adalah malah muncul desktop yang bertitle FVWM.

    Saya belom terbiasa dengan desktop tsb karena kebanyakan tidak GUI. Lebih sering modus text. Sebelumnya saya sudah sangat terbiasa dengan desktop KDE.

    Kira-kira bagaimana yah mengubah desktop saya seperti semula, karena saat saya exit dari session masuk ke splashscreen, ternyata tidak ada tombol untuk memilih desktop KDE kembali.

    Sebelumnya terimakasih atas jawabannya.


Leave a Reply

